Ulah Nakal Tukang Tambal Ban

seringkali kita lalai memperhatikan tangan dan cara kerja tukang tambal ban, padahal kelalaian ini terjadi mungkin bkn krn kita tidak cerdas, tapi karena sdh terlalu lelah menuntun motor ratusan meter atau bahkan sekian kilometer sampai mandi keringat, dongkol pula krn terus di klakson orang, belum lagi sumpah serapah thd pelaku penebar paku…
ketika akhirnya kita melihat ada tambal ban didepan sana, hati mendadak berasa lega. krn perjalanan akan bisa dilanjutkan tanpa membuang waktu lama, dan tidak makin berpeluh keringat sampai dehidrasi berat.
cape dorong
namun apa daya, hampir seluruh tambal ban suka berbuat culas dan curang. terutama jika di badan ban tidak ditemukan paku, atau ketika perbincangan di awali dgn pertanyaan… kenapa bang..? kena paku ??
kalau anda jawab iya kena paku. tadi udah saya cabut. maka dia akan buka dgn agak berhati2 . krn tadinya itu ban tidak sering kempes dgn sendirinya alias bukan krn rusaknya rumah pentil. Baca lebih lanjut

Belajar berhitung derajat

Tak berasa sudah di ujung tahun 2011 dan sampai hari ini keinginan menulisku tak tumbuh seperti yang aku harapkan, karena terbukti sepanjang tahun ini hanya menghasilkan 2 tulisan, hehehe its ok hidup harus terus berlanjut.

semoga sedikit ilmu dibawah ini bisa mencerahkan yang masih abu abu…

Terkadang kita malas belajar hitung derajat durasi kem/noken as pada korek mesin 4-tak. Umumnya hanya pahami perubahan hitungan buka-tutup klep pada mata sproket keteng atau gigi sentrik.

chamshaft

Kerugiannya, hitungan itu sulit dipahami ukurannya. Terutama untuk kepentingan riset lanjut ke bagian lain, seperti knalpot atau pengapian. Juga dianggap kurang presisi lantaran mata gir ukurannya gede.

Otomatis, riset akan berjalan serba meraba. Makanya, lebih bagus jika ada hitungan derajat yang mudah dimengerti banyak orang.

Maksudnya, hitungan derajat itu memudahkan patokan riset bagian lain dengan mudah. Misal, mau pasang kurva pengapian X karena butuh untuk durasi yang relatif panjang Y derajat. Beda dengan kalau patokannya buka di X mata setelah TMA dan nutup Y mata sebelum TMA.

Nah,cara sederhana hitung derajat dengan membaca buka-tutup di gigi sentrik. Meski enggak presisi benar, tapi paling tidak kita bisa pahami dan ambil patokan dalam riset.
Baca lebih lanjut

Semakin banyak biker berkelakuan memprihatinkan

… diacungkan jari tengah ke arah herry, penuh dendam dia bilang f*ck you… – jamrud-

asli puas banget gw balesnya..
di pertigaan tembusan TPU joglo pas belok kanan gw di serobot rider megapro yang mau ambil jalur lawan arus dari arah alfa indah, beruntung gw bisa sodok duluan roda depannya dan berenti bentar biar dia bete sambil gw senggol ban depannya pake kaki dan gw kasih kode jangan lawan arah, tapi rupanya dia ngeyel jadi gw lewatin aja, karena jalur kiri macet dia salip gw dilajur kanan yang ada pembatas tengahnya dengan mengacungkan jari tengah penuh kemenangan, namun tuhan maha adil di depan ada polisi jaga yang mau stopin tuh rider, jadi terpaksa manuver puter balik dan ketemu gw lagi dan dia harus muter jauh di tempat dia serobot tadi, sambil gw kasih jari tengah gw bilang “kasihan deh lo….” Baca lebih lanjut

Fenomena musim penghujan

Hujan adalah karunia Tuhan, tapi terkadang hujan membuat kita (bikers) terhambat walau tidak semua merasakannya, bagi sebagian besar pengendara motor hujan ada hubungan langsung dengan pakaian hujan atau yang biasa kita sebut jas hujan.

bagi para biker yang perduli dengan keselamatan mungkin sudah bukan hal aneh membawa jas hujan dan teman temanya dalam satu wadah yang setiap saat ada jika diperlukan, namun bagi sebagian yang lain banyak yang hanya menyiapkan ala kadarnya atau bahkan tidak menyiapkannya sama sekali.

satu pemandangan yang bikin miris jika saya melihatnya, terutama para Baca lebih lanjut

Komparasi MegaPro vs Byson (india version)

setelah lumayan lama gak nulis akhirnya ada kesempatan juga buat rilis tulisan yang semoga bisa berguna buat orang lain, saat sedang browsing honda new megapro dengan keyword dazzler gw nemu video yang cukup menarik yaitu komparasi dazzler vs FZS, kalo di indonesia dazzler akan di adopsi oleh honda sebagai New Mega Pro yang baru launching kemarin dan FZS akan di beri nama Byson oleh yamah indonesia (walau masih isyu yang belum jelas kapan kemunculannya walau terakhir terlihat di TMC bahwa otomotif.net sudah mencoba si byson tersebut. Baca lebih lanjut

Kesaksian Iblis

The Secrets: Kesaksian Iblis

Edisi ini saya akan berbagi tentang satu hadits panjang yang luar biasa dahsyat maknanya. Saya yakin cukup dengan satu hadits ini jika setiap kita membaca, menyelami dan mengamalkannya dengan baik insya Allah kita akan menjadi mukmin sejati. Tak perlu berpanjang, berikut kutipan lengkapnya.

Dari Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas:

Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW di kediaman seorang sahabat Anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah: “Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan membutuhkanku.” Rasulullah bersabda: “Tahukah kalian siapa yang memanggil?” Kami menjawab: “Allah dan rasulNya yang lebih tahu”. Beliau melanjutkan, “Itu iblis, laknat Allah bersamanya”. Baca lebih lanjut